Kenali Potensi Diri

Ini Loh 3 Tips Mengetahui serta Mengenali Potensi Diri

Topik kita kali ini adalah Ini Loh 3 Tips Mengetahui serta Mengenali Potensi Diri. Memulai bisnis memang butuh ambisi dan pengorbanan yang kuat. Namun hening saja, setiap orang pasti kapabel melakukannya. Asal Anda mempunyai kemauan dan keyakinan yang kuat, usaha apa saja pasti dapat Anda lakukan. Lagi pula berwirausaha yakni kans besar bagi Anda untuk bertahan di masa krisis. Telah jadi bos, penghasilan yang Anda temukan perjam pula. Tak usah menunggu sebulan untuk mendapatkan gaji seperti di kantor.

Ini Loh 3 Tips Mengetahui serta Mengenali Potensi  Diri

Ini Loh 3 Tips Mengetahui serta Mengenali Potensi Diri

Kecuali penuh tantangan, Anda pun dapat mengendalikan sendiri pemasukan Anda. Namun tunggu dulu, jangan tergesa-gesa. Usaha Anda akan lebih terasa menjanjikan dan menyenangkan sekiranya cocok dengan hobi dan kepribadian Anda. Ini yang paling penting, dari pada Anda memaksakan diri untuk memulai usaha namun nyatanya Anda malah tak pantas dengan bisnis yang Anda jalankan.

Sebagai figur, kalau Anda suka masak, bukalah toko makan atau restoran. Jangan bahkan membuka usaha rental pengetikan. Lama-lama apabila akibatnya tak sebanding dengan apa yang Anda bayangkan, Anda bahkan akan merasa jenuh dalam beberapa bulan pertama.

Ini Loh 3 Tips Mengetahui serta Mengenali Potensi Diri

Berikut ini sebagian tips khusus untuk mengenali potensi diri.

1. Kenali Diri Sendiri

Cuma diri sendiri lah yang paling mengerti karakter pribadi. Tetapi karena terlalu sering melaksanakan banyak hal, Anda adakalanya lupa potensi diri sendiri. Mulailah membikin list mengenai hobi, kegemaran, keahlian, dan aktivitas sehari-hari yang menyenangkan. Kesempatan itu yang bisa dimanfaatkan untuk mengawali usaha, Lebih menyenangkan bukan, bila usaha yang nantinya digeluti cocok dengan kegemaran.

2. Membaca Karakter

Karakter seseorang akan memberi pengaruh kinerjanya. Umpamanya saja, orang yang bergembira berkumpul dengan orang lain bisa merasa kurang sesuai dengan pekerjaan yang memaksanya untuk berhadapan dengan komputer selama berjam-jam. Namun, ada pula orang yang masih bisa suka profesi yang memerlukan waktu untuk sendiri padahal dia bersuka ria berkumpul bersama orang lain.

Ini Loh 3 Tips Mengetahui serta Mengenali Potensi Diri

Sementara itu, ada orang yang tak suka urusan tawar-menawar atau memperjualbelikan barangnya. Orang-orang dengan karakter seperti ini biasanya akan lebih sesuai untuk menjadi seorang pendidik, perancang, atau penulis.

Sebagai ilustrasi singkat, ada orang yang bersifat ekstrovert, introvert, dan ambivert. Orang ekstrovert yaitu orang yang gampang bergaul dengan orang lain, lebih ekspresif, dan terbuka. Orang yang berlawanan karakter dengannya yaitu orang introvert. Biasanya mereka lebih tertutup dan lebih bergembira menghabiskan waktu sendirian.

Orang ambivert berada di antara keduanya. Ia bisa merasa berbahagia untuk bergaul dengan orang lain, tapi di sisi lain ia dapat merasakan dikala-ketika di mana ia sendirian. Dia terbuka tapi masih cakap menaruh perasaannya dan rahasia.

Ini Loh 3 Tips Mengetahui serta Mengenali Potensi Diri

Orang ekstrovert senang bersosialisasi. Biasanya dia masih merasa nyaman untuk menawarkan pelbagai tipe-barang dagangannya terhadap orang lain, bahkan yang belum diketahui sekalipun. Jadi, ia lazimnya lebih cocok untuk menjalankan bisnis yang berhubungan dengan jual-menjual barang atau produk jasa. Profesi sambilan yang berkaitan dengan karakter ini adalah agen asuransi, distributor Multi Level Marketing, penjual kosmetika, pulsa, guru, dan sebagainya.

Orang introvert yang cenderung lebih nyaman untuk berprofesi sendiri. umumnya mereka merasa tidak nyaman untuk bertemu dengan banyak orang secara rutin. Mereka lebih pantas untuk mengambil pekerjaan sambilan seperti penulis, online marketing, perancang grafis, komposer jingle, dan sebagainya.

Ini Loh 3 Tips Mengetahui serta Mengenali Potensi Diri

Sementara itu, orang ambivert lazimnya kapabel menyesuaikan diri dengan bermacam ragam pekerjaan sambilan. Umumnya profesi yang mengandung kedua unsur baik ekstrovert maupun introvert ialah jurnalis atau wartawan lepas, guru, konsultan pajak, psikolog, dan sebagainya.

Bagaimanapun, karakter seseorang bisa saja berubah. Orang yang sebelumnya introvert dapat menjadi seorang ekstrovert sebab pengaruh lingkungannya. Itu juga sebaliknya. Hanya saja, orang introvert lebih mudah menjadi orang ekstrovert ketimbang orang ekstrovert menjadi orang introvert. Jadi, jikalau tak mau menyerah pada sebuah usaha sedangkan tampaknya pekerjaan itu bukan atau tak cocok jenis, Anda masih bisa merubah diri sendiri demi profesi dan usaha Anda hal yang demikian.

Ini Loh 3 Tips Mengetahui serta Mengenali Potensi Diri

3. Mencari Kans Usaha

Untuk mencari kans usaha yang pantas, ada banyak jalan yang bisa Anda tempuh.

  • Kunjungi teman-sahabat atau rekan Anda yang sudah mengawali bisnis lebih permulaan. Ungkapkan terhadap mereka mengenai kemauan untuk mencari produk atau usaha tertentu. Tanyakan pada mereka apa saja yang umum mereka lakukan, bagaimana mereka memulai usaha atau bisnis, bagaimana rencana usahanya ke depan, bagaimana mereka menyiasati kompetisi, mengelola risiko, serta mengukur dan memenuhi kebutuhan pasar.
  • Bagi Anda yang sering bepergian atau berjalan-jalan, baik di dalam atau ke luar kota, coba amati daerah-tempat di sepanjang perjalanan. Pasti terdapat bermacam potensi usaha yang bisa dipandang, umpamanya kerajinan, makanan atau minuman tradisional, dan sebagainya yang bisa menginspirasi.
  • Dari hasil amati sementara yang Anda lakukan, tandai beberapa ragam peluang usaha yang sekiranya diminati. Buat daftar kelebihan dan kekurangan masing-masing kans usaha. Pastikan usaha yang nantinya dipilih pantas dengan ketertarikan, modal, SDM, aspek pemasaran, aspek produksi dan operasi, serta orisinilitasnya.

Sekian informasi perihal Ini Loh 3 Tips Mengetahui serta Mengenali Potensi Diri , kami harap postingan ini bermanfaat untuk kalian. Tolong post ini dibagikan biar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...

Join The Discussion